TUGAS 5 "USAHA BAKMI"

USAHA BAKMI 

BAB 1
 PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Bakmi adalah salah satu masakan mie yang di bawa oleh para pedagang asal Tionghoa dan mulai di perkenalkan pada masa Penjajahan Belanda. Sampai saat ini bakmi masih menjadi masakan yang sangat di gemari di Belanda.
Walau berasal dari Tiongkok, Bakmi Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda dengan bakmi bikinan orang orang Tiongkok. Bakmi atau mie ayam yang kini banyak di jual beradaptasi dengan bumbu bumbu asli Indonesia. Mi yang umumnya kita kenal adalah mi yang terbuat dari tepung terigu dan berwarna kuning, ada juga mi yang terbuat dari tepung beras dan berbentuk lebar dan pipih yang kita kenal dengan sebutan kwetiau. Kedua vareasi mi ini biasanya harus di rebus terlebih dahulu sebelum di sajikan. Mi harus di rebus sebelum di berikan kuahnya, Bakmi biasanya di sajikan dengan di lengkapi ayam, bakso,  ataupun pangsit goreng.

1.2        Rumusan masalah
apa saja perlengkapan yang dibutuhkan usaha bakmi?
dimanakah tempat usaha bakmi yang cocok?

1.3        Tujuan Penulisan
Memberitahu perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha bakmi dan dimana tempat usaha bakmi yang banyak pengujungnya.


BAB 2
ISI
Bahan Baku
Biasanya penjual bakmi tidak membuat sendiri mi untuk bakmi, tetapi membelinya dari produsen atau dari pasar tradisional.  Di pasar, mi biasanya  di jual sudah dalam berbentuk buntalan buntalan kecil, padat kering dan di bungkus plastik. Selalu gunakan mi dengan merek yang sama, hal ini untuk menjaga kwalitas dan rasa bakmi anda tidak berbeda beda sehingga membuat pelanggan anda bingung.sebelum membuat usaha ada baiknya kita mencoba mie terlebih dahulu rasanya enak atau tidak agar mie yang kita buat banyak digemari oleh masyarkat.
Bagi anda yang ingin membuat sendiri mi untuk bahan baku bakmi anda, anda harus memperhitungkan biaya produksinya. buatlah mi yang memiliki citarasa yang khas dan berbeda dengan bakmi bakmi lainnya.

Tempat Usaha
Bakmi banyak di jual dengan cara berkeliling memakai gerobak ataupun di jual di kios bakmi. Lokasi yang strategis untuk berjualan bakmi adalah sekitar daerah perukiman penduduk, perumahan, pasar, sekitar sekolah atau kampus maupun di pinggiran jalan yang ramai. Saat ini semakin banyak saja bermunculan kios bakmi, berbeda dengan waktu dulu yang hampir semua penjual bakmi menjualnya dengan cara berkeliling memakai gerobak. Bahkan, banyak juga yang menjadikan rumah sebagai tempat usaha rumahan bakmi. Walaupun harus mengeluarkan biaya sewa tapi keuntungan yang di peroleh akan lebih besar. Ini di sebabkan pangsa pasar yang sudah tetap dan proses usaha juga semakin lancar.

Perlengkapan Usaha
Perlengkapan usaha yang harus di miliki hampir sama dengan perlengkapan usaha kuliner pada umumnya. Anda harus meiliki gerobak atau etalase, peralatan masak ( komporgasa, tabung gas, panci ukuranbesar, saringan mi dll), peralatan makan ( sendok, garpu, mangkok dll ), meja dan kursi, serta perlengkapan tabahan lainnya.

Perlengkapan  
Harga Rp
Gerobak atau etalase  
1.500.000 - 2.000.000
Peralatan Masak   
500.000 - 1.000.000
Peralatan Makan
500.000 - 800.000
Meja dan Kursi 
400.000 - 500.000
Perlengkapan Tambahan  
300.000 - 500.000


Karyawan
Usaha kecil bakmi sebetulnya bisa anda lakukan sendiri tanpa adanya bantuan karyawan. Namun bila usaha kecil anda sudah berkembang tidak ada salahnya anda mengangkat seorang karyawan, karyawan ini nantinya akan membantu anda dalam melayani pelanggan sehingga anda dapat fokus dalam meracik bakmi. Karyawan dapat anda gaji antara Rp 600.000 - Rp 1.000.000

Promosi
Pada umumnya untuk usaha bakmi yang menggunakan gerobak keliling anda tidak perlu melakukan promosi terlalu besar, cukup memasang merek bakmi dengan tulisan besar di gerobak atau memasang spanduk di tempat anda berjualan. Rasa bakmi anda biasanya menjadi promosi utama yang menentukan pelanggan anda kembali. Sedangkan untuk anda yang berjualan dengan membuka kios maka anda dapat membuat banner besar yang di pasang di sekitar tempat usaha anda, membagikan brosur dan leaflet juga bisa anda lakukan dengan  promosi diskon tertentu untuk periode tertentu.

Harga Bakmi
Bakmi yang di jual dengan cara berkeliling biasanya di jual dengan kisaran Rp 8.000 - Rp 9.000. Sedangkan untuk bakmi yang dijual di kios dapat anda hargai sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000. Bahkan jika anda dapat mengkreasikan bakmi anda harga jualnya bisa di atas Rp 15.000  seperti bakmi jamur ( resep mie ayam jamur )

BAB 3
PENUTUP
Persaingan yang cukup ketat adalah resiko usaha bakmi karena hampir di setiap sudut tempat sudah ada usaha ini. Walaupun begitu peluang usaha anda juga masih cukup besar terutama karena bisnis ini tidak akan pernah mati. Pilihlah lokasi yang masih sedikit pesaing kualitas, cita rasa dan harga bakmi anda akan berpengaruh dan menentukan apakah usaha anda dapat bertahan atau tidak. kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan krena itu adalah daya tarik bagi masyarakat untuk makan mie disana atau tidak, Selamat mencoba.
 BAB 4
Daftar pustaka
http://www.tribunnews.com/bisnis/2013/09/27/gurihnya-laba-bisnis-bakmi-jawa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB III ETHICAL GOVERNANCE

Soal-soal Etika Profesi Akuntansi

Etika Profesi Akuntansi (Etika Dalam Kantor Akuntan Publik)