TUGAS 2 "BISNIS DAUR ULANG KERTAS"

BISNIS DAUR ULANG KERTAS
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1            Latar belakang
Seperti yang kita ketahui sampah kertas sering kita abaikan,sering kita tidak mengerti apa manfaat sampah kertas,ternyata setelah kita ketahui banyak karya yang bisa diciptakan melalaui sampah kertas atau daur ulang kertas akan banyak manfaatnya atau dapat kita buat suatu karya hiasan yang dapat dijual dipasar bahkan dapat menjadi peluang untuk menjadi seorang pengusaha.

1.2           Rumusan masalah
Bagaimana cara mengolah sampah kertas?
diolah apa sampah kertas tersebut?
apa saja alat yang digunakan untuk daur ulang sampah kertas?


1.3          Tujuan Penulisan
Membuat sampah kertas lebih bermanfaat dan cara membuat daur ulang sampah kertas sehingga ada nilai ekonomisnya .

BAB 2
isi
Banyaknya sampah kertas yang menumpuk dirumah terkadang kita bingung ingin membuat sampah itu jadi apa,apakah harus kita buang? atau kita manfaatkan menjadi sesuatu yangb berguna tetapi anada bingung cara mengolahnya seperti apa dan akan dibuat jadi apa dan saya akan membagikan suatu informasi bagaimna cara mengolah sampah kertas atau daur ulang kertas dan tidak perlu dengan modal yang besar kita dapat menggunakan alat-alat rumah tangga kita tetapi terkadang dibutuhkan seorang karyawan agar dapat membantu kita jika usaha daur ulang kita sudah mulai berkembang bisnis daur ulang ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya atau dikerjakan .
dan saya akan menjabarkan cara pembuatan daur ulang:
1.      Kertas bekas disobek-sobek kecil,direndam minimal 12jam agar serat-seratnya berubah menjadi lunak dan direspi air.proses perendaman juga dapat dilakukan dengan perebusan untuk membantu mempercepat proses pereepan air.
2.      Kertas yang telah direbus atau direndam air kemudian dihancurkan dengan blender.dengan perbandingan,yaitu 1 bagian untuk kertas dan 4 bagian untuk air proses pemblenderan tidak perlu lebih dari 1 menit.lakukan 2 kali pemblenderan yaitu dengan waktu 30 detik satu kali pemblenderan.
3.      Kumpulkan kertas yang diblender atau bubur kertas dalam satu wadah .kemudian bisa dilakukan pencucian untuk mengurangi kadar asamnya.caranya dapat dilakukan dengan menyaring bumbu kertas menggunakan kaian yang sedikit lebar kemudian dengan begitu ,bubur kertas bisa dicuci sekaligus bisa memisahkan antara bubur kertas dengan potongan kertas tercampur rata.
4.      Setelah proses pencucian ,bubur kertas siap untuk diolah,bisa dicetak langsung atau dilakukan pencampuran warna saja.atau bahkan dicampur dengan keduanya dalam ember kotak tempat untuk mencetak .perbandingannya masih samapa seperti proses pemblenderan 1:4  aduk-aduk sampai campuran air dan bubur kertas tercampur rata.
5.      Masukkan bingkai untuk cetakan ,caranya dengan posisi bingkai cetak yang menggunakan kain kassa berada dibawah sedangkan bingkai sedangkan bingkai kosong berada dibagian sisi atas kain kassa .masukan cetakan hingga kedasar ember cetak secara hati-hati. atur posisi bingkai cetak agar tetap datar dan sejajar dengan permukaan air. lalu angkat bingkai tersebut dengan cara berhati-hati .Atur posisi bingkai  cetak agar tetap datar dan sejajar dengan permukaan air.lalu angkat bingkai tersebut secara hati-hati dengan posisi datar.Dengan begitu maka bubur kertas akan tercetak diatas dipermukaan bingkai dengan bentuk selembar kertas yang masih basah tadi.Tiriskan dengan posisi miring sekitar 30 derajat sampai airnya tinggal sedikit .selembar kertas basah tersebut kemudian siap ditransfer keatas permukaan alas cetak untuk selanjutnya dikeringkan
6.      Bingkai cetak kemudian dibalik,sehingga kertas basah menghadap kealas cetak.Letakkan bingkai cetak yang ada kertas basah tersebut pada alas cetak secara perlahan.pada sisi sebaliknya bisa dilakukan pengeringan dengan cara menggunakan spon . Cara tersebut selain untuk mempercepat proses pengeringan sudah bisa diangkat dari alas cetak,maka lakukan dengan sangat hati-hati agar kertas tersebut tidak mengalami rusak atau cacat.
7.      Selanjutnya tinggal menunggu kertas yang sudah dipindahkan ke alas cetak sampai kering.Sebaiknya kertas jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung. Bisa dilakukan dengan cara pengepresan jika kertas belum kering.caranya setiap lembar kertas dilapisi dengan kain dan tumpuk hingga beberapa lapis lalu diletakkan diantara papan pengepresan.Lakukan cara ini selama kurang lebih 10 menit ,jika kertas telah kering,pengepresan dapat dilakukan selama 1 jam.
                    Yang digunakan dalam pembuatan daur ulang:
1.sampah kertas
2.wadah dan blender
3.spons dan cetakan /bingkai
4.kassa
5.Pewarna
6.air dan  cahaya matahari
                    Sampah kertas tersebut dapat didaur ulang menjadi:
                    hiasan rumah,pass bunga,mainan anak-anak,bunga hiasan dan lain-lain.

BAB 3
1.4        PENUTUP
Semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita, bisnis dari sampah kertas ini dapat dilakukan dengan modal kecil karenaitu  kita dapat mencobanya apalagi kita tidak punya pekerjaan ini dapat kita coba dan akan mendapat penghasilan kita bukan menjadi seorang pengangguran kalau kita dengan telaten dengan usaha ini kita akan dapat hasil yang lebih dari kita bayangkan dan kita dapat memanfaatkan sampah menjadi lebih bermanfaat
1.5        DAFTAR PUSTAKA
uinjkt.ac.id/index.ph
bisnisukm.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB III ETHICAL GOVERNANCE

Soal-soal Etika Profesi Akuntansi

Etika Profesi Akuntansi (Etika Dalam Kantor Akuntan Publik)